Monday, February 18, 2013

Cara Perawatan Camera SLR

Pertama, Bawa camera di tempat yang bersih, ruangan yang tidak berdebu.
Ke dua, Bersihkan terlebih dahulu bodi luar kamera dengan kalin lembut / kain microfiber (jangan menggunakan kain kaos / tissue), gunakan blower khusus camera untuk bagian sudut dan gunakan brush untuk debu / kototan yang membandel, hal ini agar debu / kotoran tidak masuk ke bagian dalam ketika membersihkan bagian dalam camera.
Ke tiga ,Membersihkan bagian dalam camera :
-    Membersihkan mirror dengan blower atau blower brush. Kamera dipegang menghadap kebawah dan blower dipompa keatas, tujuannya agar partikel debu yang tertiup dapat turun kebawah mengikuti gravitasi
-    Membersihkan sensor, Untuk dapat melakukannya maka mirror harus di lock up terlebih dahulu. Pada beberapa kamera fitur ini disediakan dengan memilihnya dari menu kamera. Yakinkan baterai dalam kondisi cukup penuh ketika akan melakukan mirror lock up. Dimulai dengan menekan shutter release, maka mirror akan terangkat dan shutter terbuka., Dengan kamera yang dipegang menghadap kebawah (sensor menghadap kebawah), pompa blower (blower tanpa brush) beberapa kali untuk meniup partikel debu yang mungkin menempel di sensor. Setelah selesai, matikan kamera untuk menyudahi fungsi mirror lock up. Tidak disarankan anda untuk membersihkan sendiri jika ada kotoran membandel di bagian sensor kamera karena sensor adalah bagan yang sangat sensitif.

Ke empat, Merawat lensa : Jangan menyentuh bagian optis lensa dengan jari, pasang selalu filter pelindungnya atau gunakan lens hood. Pasang selalu tutup lensa lens cap jika tidak sedang digunakan untuk mengurangi resiko debu menempel. bersihkan debu yang menempel terlebih dahulu dengan blower dan selanjutnya menggunakan lap microfiber.
Ke lima, merawat battery Li-ion (Lithium) : lepas battery jika camera tidak digunakan, jika battery sudah full dalam proses charge segera cabut battery, dan charge battery ketika mau di gunakan / mau di simpan.
Ke enam, menyimpan kartu memory dan accessories: untuk kemananan memory card bisa di simpan di casing memori card ketika tidak di gunakan, hal ini untuk melindungi memory card dari debu.  Dan selalu besihkan juga lens hood, filter, dan flash, tali camera, tas dll untuk tetap menjaga kebersihannya. Khusus untuk tas bisa di vacuum / pun di cuci secara berkala.
Ke tujuh, tempat penyimpanan camera : sediakan drybox untuk menyimpan camera dan segala accessoriesnya  ke dalam drybox dan jangan di beri kapur barus
Gunakan selalu pelindung LCD agar tidak mudah tergores
Hindari di simpan di tempat lembab / terkena sinar matahai langsung
Pastikan untuk membawa ke service center resmi untuk perbaikan camera dan selalu gunakan part, perlengkapan dan accessories asli


https://www.hartonoelektronika.com/article_info.php?articles_id=123

No comments:

Post a Comment